No. 9 Pengertian Conditional Sentence Type 3

Pengertian Conditional Sentence Type 3

Conditional type 3 adalah jenis conditional sentence yang digunakan jika peluang terjadinya kalimat bersyarat sudah tidak mungkin terpenuhi karena sudah lewat di masa lampau.

    Contoh : If I had knew that you are my boyfriend’s sister, I would be nice to you. (Jika saja aku tahu bahwa kamu adalah kakak dari pacarku, maka aku akan bersikap baik padamu).

Kalimat diatas terdiri dari dua kalimat, yang pertama yaitu ‘If I had knew that you are my boyfriend’s sister’ dan kalimat kedua yaitu ‘I would be nice to you’. Terlihat dari contoh kalimatnya, subjek ‘I’ dalam kalimat ini sudah tidak mungkin bersikap baik sebelumnya karena memang sebelumnya ia tidak tahu jika subjek ‘You’ adalah kakak dari pacarnya. Conditional sentence type 3 ini adalah kalimat pengandaian yang sudah tidak mungkin lagi terjadi kecuali jika waktu dapat diputar kembali, ciyee.
Pola Kalimat Atau Rumus Conditional Sentence Type 3

Rumus kalimat conditional type 3 adalah sebagai berikut:

    If + Subjek + Had + Verb 3, Subjek + Would/Could/Might + Verb 3

Atau:

    If + Past Perfect Tense + Past Future Perfect Tense

Pola kalimat dalam conditional type 3 ini pun bisa di balik/di tukar strukturnya menjadi sebagai berikut:

    Subjek + Would/Could/Might + Verb 3, If + Subjek + Had + Verb 3.

Atau:

    Past Future Perfect Tense + If + Past Perfect Tense

Contoh Penggunaan Conditional Sentence Type 3 Dalam Kalimat

Contoh-contoh kalimat conditional sentence type 3 dapat sobat-sobat lihat dibawah ini:

    If I had known that Randy was an artist, I would have taken picture with you. (Jika saja aku tahu bahwa Randy adalah seoarang artis, maka aku akan berfoto bersamanya).

    If he had been able to pass the test, he would have gotten a job at this company. (Jika saja ia dapat lulus di test nya, maka dia akan dapat pekerjaan di perusahaan ini).

    My uncle would have been here, if he had gone by motorcycle. (Pamanku akan sudah tiba disini jika saja ia mengendarai motor).

    Yuna would have gone to school, if the school bus had picked her up. (Yuna akan sudah pergi ke sekolah jika saja bus sekolah datang menjemputnya).

    If my mother told me that she didn’t like spinach, I would have not bought a spinach crackers. (Jika saja ibuku bilang padaku bahwa ia tidak suka bayam. Maka aku tidak akan membelikannya keripik bayam).

    I would not have bought eggs if I had known that we still had eggs in refrigerator. (Saya tidak akan membeli telur jika saja saya tahu bahwa kita masih memiliki telur di kulkas).

    If you had remembered my birthday, I would have not been angry with you. (jika saja kamu mengingat hari ulang tahun saya, saya tidak akan marah kepadamu).

Demikianlah penjelasan tentang conditional type 3 dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Jika ada masukan, saran maupun pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di Bigbanktheories.com dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NO.1 Penggunaan Some and Any,Much and Many,A lot of and A few.

No. 6 Perbedaan Have Something Done dan Causative Have

NO.8 Penggunaan Question Tag yang Tepat Dalam Kalimat